MSTKM1

Ilmu itu bagaikan hewan buruan, maka ikatlah ia dengan tulisan. – Imam Syafi'i

ExpressJS adalah kerangka aplikasi web NodeJS yang unopinionated, minimal dan fleksibel yang menyediakan serangkaian fitur tangguh untuk aplikasi web dan seluler.

ExpressJS merupakan framework yang unopiniated berarti seorang pengembang bisa menentukan sendiri arsitektur yang akan dikembangkan. Arsitektur yang sering kali digunakan adalah arsitektur MVC (Model View Controller). Dalam arsitektur ini, data di proses di dalam Model, dihubungkan melalui Controller, dan akhirnya ditampilkan melalui View.

Framework ini memberikan fitur-fitur yang mempercepat pengembangan dan memudahkan pengelolaan server serta rute, seperti routing dan middleware. ExpressJS juga mendukung integrasi dengan berbagai template engine dan database, sehingga memudahkan pembuatan konten web dinamis.

Instalasi

Sebelum menginstal ExpressJS pastikan NodeJS sudah terinstal. Jika, NodeJS sudah terinstall buatlah direktori untuk menampung aplikasi dan jadikan sebagai direktori kerja.

$ mkdir myapp
$ cd myapp

Lalu gunakan command npm init untuk membuat file package.json.

$ npm init -y

Buat file index.js sebagai file utama di dalam proyek. Lalu, install ExpressJS menggunakan command:

$ npm install express

Dengan demikian proyek ExpressJS sudah berhasil disiapkan.

Contoh Hello World Sederhana

const express = require('express')
const app = express()
const port = 3000

app.get('/', (req, res) => {
  res.send('Hello World!')
})

app.listen(port, () => {
  console.log(`Example app listening on port ${port}`)
})

Aplikasi ini memulai server dan mendengarkan koneksi pada port 3000. Aplikasi merespons dengan “Hello World!” untuk permintaan ke URL root (/) atau rute. Untuk setiap jalur lainnya, ia akan merespons dengan 404 Not Found.

Untuk menjalankan aplikasi tersebut jalankan command:

$ node index.js

Kemudian, muat http://localhost:3000/ di browser untuk melihat hasilnya.

Tinggalkan komentar

“Semua amal perbuatan itu dengan disertai niatnya dan sesungguhnya bagi setiap orang itu apa yang telah menjadi niatnya. Maka barangsiapa yang hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu pun kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya itu untuk harta dunia yang hendak diperolehnya, atau untuk seorang wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya pun kepada sesuatu yang dimaksud dalam hijrahnya itu.” 

(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Selengkapnya…

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai